Saturday, October 20, 2012

Mirror

Assalamualaikum wr. wb.

Saya baru saja membaca sebuah catatan blog ini :


Tentang seorang mahasiswa Arsitektur UI yang menderita kanker tulang. Hebatnya anak ini tidak pernah menyerah walau diberi beragam cobaan sejak tahun 2008.

Saugie Yokka, itulah nama mahasiswa ini. Saya tidak mengenalnya tapi bagi saya, beliau adalah seorang pahlawan, paling tidak untuk dirinya sendiri. Berperang melawan penyakit tidak pernah menjadi hal yang mudah. Hebatnya, dengan berjuang melawan penyakit itu dia dapat menjadi inspirasi bagi orang lain. Inspirasi tentang bagaimana kia harus selalu bersyukur, berfikir positif, dan tidak pernah menyerah. Sangat menginspirasi.

Kisah mahasiswa ini membuat saya teringat kata-kata Ibu saya ketika masih kecil, bahwa manusia pasti akan diberi ujian oleh Allah, ujian tersebut bisa berupa kesulitan maupun kesuksesan. Lebih banyak orang yang 'lulus' ketika diberi ujian kesulitan, karena mereka akan cenderung untuk banyak berdoa, banyak meminta, dan berserah diri pada Allah semata. Di sisi lain, orang yang diberi kesuksesan seringkali lupa bahwa itu semua hanyalah titipan, bahkan ujian. Ujian untuk tidak sombong dan mensyukuri segala pemberian-Nya.

Bagi saya, ini adalah refleksi diri. Sebuah pengingat yang diberikan Allah untuk saya agar selalu bersyukur.

When you see someone different than you, that person will become your mirror. You can see through yourself what are your values, your identity. And once again, I was given this mirror to see more deeply, more clearly about myself, about who I am.

Semoga kita semua bisa melewati ujian dunia dengan sebaik mungkin, sebaik atau seburuk apapun itu. Amiin.

Dan untuk Saugie atau siapapun yang merasa sedang menghadapi ujian kesulitan, yakinlah bahwa rencana Allah adalah yang terbaik untukmu, dan percayalah bahwa Allah berjanji, setelah kesulitan pasti ada kemudahan.

Wassalamualaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment