Wednesday, January 9, 2013

Inspiring People!

Assalamualaikum wr. wb.

Beberapa minggu belakangan ini saya kebanjiran. Kebanjiran inspirasi. For your information, saya ini orangnya seringkali terinspirasi oleh banyak hal, banyak orang. Tapi bagi saya, yang paling menginsipirasi adalah kaum-kaum muda seumur saya yang bisa membuat hal hebat di umur mereka yang hampir sama dengan saya.

Baru-baru ini akhirnya saya kenal (meski hanya lewat social media) dengan Kak Yasir Mukhtar. Buat yang belum tahu, silakan cek video inspiring beliau di bawah ini (Serius, ditunggu deh bufferingnya. Nggak akan nyesel kok, insyaAllah) -- kalau suka sama video di bawah ini, pasti suka juga sama karya beliau di BEM UI 2012 yang satu ini :


Kak Yasir ini suka sama dunia kreatif, dan dia bisa, di umurnya yang saya yakin masi dua-puluh-an, menggerakkan orang lain untuk menciptakan karya dan inspirasi, melalui apa yang beliau sukai. Melalui passion-nya :) Beliau juga sekarang menginisiasi gerakan 'I'mpossible' yang bertujuan untuk menginisiasi, meng-empower, dan menghubungkan gerakan-gerakan sosial yang sekarang mulai banyak muncul di Indonesia.

Terus ada lagi, seorang entrepreneur muda yang baru lulus sidang kemarin, Kak Asmarina Farid. Beliau yang merupakan anggota HIPMI UI ini ini bisa menghasilkan banyak usaha kecil menengah, tujuh kalau nggak salah (dan bergerak dalam berbagai bidang, mulai dari catering, restoran, sampai mini market), dalam dua tahun. Tapi nggak cuma itu, yang menginspirasi saya adalah bagaimana Kak Rina punya landasan yang begitu baik dalam memulai usaha. Beliau mengingatkan saya bahwa dalam memulai usaha, yang terpenting adalah niat untuk membawa manfaat, bahwa kita harus rajin bersedekah untuk memperlancar usaha kita, dan betapa berbagi ilmu tidak akan pernah salah, meski dalam dunia bisnis, karena rezeki tidak akan pernah tertukar. Prinsip-prinsip itulah yang membuat saya yakin Kak Rina akan menjadi pengusaha hebat. Subhanallah.

Nah, sekarang mari lanjut ke beliau-beliau yang melenggang di kancah internasional :)

Baru-baru ini saya dikasih-tahu tentang seorang mahasiswi bernama Kak Disty Winata. Beliau ini, keren banget. Kak Disty (sok kenal, padahal nggak) sekarang kuliah di Kanada dan beliau menginisiasi (sejauh yang saya tahu) dua proyek: 'Opportunities' dan 'Strawberry Generation? Call Us Changemakers!' dimana 'Opportunities' adalah sebuah proyek girls empowerment untuk gadis-gadis imigran di Kanada, dan proyek beliau yang satunya bergerak di bidang youth, untuk mengubah dogma masyarakat tentang generasi muda yang dianggap 'lemah', menjadi generasi yang disebut 'changemakers'. Kerennya lagi, beliau bisa ketemu will.i.am dan Chelsea Clinton di sebuah konferensi eksklusif Google Zeitgeist. And yes, please do google her name karena beliau ini hebat banget, dan kalian bisa nemu banyak artikel (mostly in English!) tentang pemudi yang satu ini :')

Lastly, Mas William Widjaja. Beliau sebenarnya yang paling berumur kalau dibandingkan sama pemuda-pemudi di atas. Tapi beliau masih kuliah juga, dan masih cukup muda meski sudah S3. Mas Will sangat suka sama yang namanya kolaborasi, dan beliau ingin menciptakan suatu 'alat' untuk bisa mengkolaborasikan orang-orang tanpa batas ruang dan waktu supaya mereka bisa menghasilkan output yang maksimal dengan kolaborasi tersebut. Setelah menempuh perjalanan pendidikan yang menurut saya cukup wow (re: SMA di Singapura, S1 di Jepang, S2 di Perancis, dan S3 di Jepang), beliau berhasil mencapai mimpinya: membuat sebuah user-interface system yang bisa membantu proses brainstorming dalam suatu grup. Wah, kayaknya bagian Mas Will ini yang paling susah dijelasin, haha. Tapi intinya, beliau punya visi mulia yakni untuk meng-unleash people's maximum potential dan beliau berhasil menciptakan suatu alat yang bisa membawa beliau ke visi tersebut! :D

Sekarang coba deh kita perhatikan, masing-masing dari mereka punya niat yang sangat mulia, untuk membawa dunia ke arah yang lebih baik, meski cara mereka beda-beda. Kak Yasir bisa menginspirasi orang banyak dengan media kreatif dan gerakan sosialnya. Kak Rina berusaha memperbaiki kondisi negara dengan menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang banyak. Kak Disty melakukannya dengan mengaspirasikan pendapatnya di hadapan tokoh-tokoh penting dunia dan menggarap proyek-proyek sosial. Dan Mas Will, beliau memulainya dengan membuat sebuah aplikasi di dunia maya.

See? Mereka semua bisa menginspirasi orang lain dengan cara mereka sendiri. Jadi nggak perlu ragu, kita semua pasti bisa melakukan hal yang serupa... dengan cara kita :)

Wassalamualaikum wr. wb.

P.S. : Semakin banyak loh pemuda Indonesia yang hebat di bidangnya masing-masing dan punya keinginan mulia untuk memperbaiki bangsa dan bahkan dunia. Seneng banget! Saya optimis Indonesia bisa maju di tangan generasi ini. Bismillah, Ya Allah, jadikanlah hamba salah satu dari orang-orang yang bisa membawa bangsa dan dunia ini ke arah yang lebih baik. Aamiin. 

1 comment:

  1. Hai Tari! :D

    Hahaha, saya tersanjung ditulis sama kamu :") Dan, meski baru kenal via socmed, I can feel that you are "someone" yang menginspirasi.. Hehe
    Anyway saya juga merasakan apa yang kamu rasakan, dan berdoa hal yang sama :

    "Seneng banget! Saya optimis Indonesia bisa maju di tangan generasi ini. Bismillah, Ya Allah, jadikanlah hamba salah satu dari orang-orang yang bisa membawa bangsa dan dunia ini ke arah yang lebih baik. Aamiin. "

    Amiin.. :)

    ReplyDelete