Sunday, March 17, 2013

Sebuah Permintaan Maaf

Assalamualaikum wr. wb.

Post kali ini intinya adalah tentang gue yang mau minta maaf, ke kalian semua. Maaf ya, mohon maafkan kesalahan gue baik yang besar ataupun kecil, yang disengaja ataupun nggak disengaja. Gue minta maaf kalau suatu ketika pernah menyakiti hati kalian atau pernah bikin kalian sebel atau apapun. Maaf ya. Semoga dimaafkan, aamiin.

Kenapa gue tiba-tiba bikin post ini? Tentu bukan karena tidak ada alasannya. Jadi ceritanya beberapa saat lalu gue sempat terusik oleh perilaku teman yang kurang 'sreg' di hati. Sebenarnya itu hal kecil sih (serius, kecil banget dan mungkin gue akan dianggap aneh kalau mempermasalahkan hal kecil ini), tapi buat gue hal tersebut nggak menyenangkan. Karena rasa ketidak-sukaan tersebut, gue sampai pengen marah loh. Tapi nggak jadi karena gue memutuskan untuk mikir, "Oh, ya sudahlah dia memang begitu orangnya." dan "Yaudahlah Tar, ngapain juga hal kecil gitu dipermasalahkan." dan akhirnya gue santai aja dan perilaku orang itu pun gue maafkan, hehe.

Tapi di sisi lain, gue mikir, gimana kalau gue ada di posisi orang yang perilakunya sempat kurang gue sukai itu? Mungkin gue nggak sadar kalau gue udah pernah menyakiti hati orang lain, atau membuat orang lain perasaannya nggak enak. Dan parahnya, gue nggak tahu apakah orang tersebut memaafkan gue atau nggak. Toh guenya aja belum tentu pernah minta maaf. Dan ah, bukankah itu nggak enak sekali?

Apalagi, kita nggak tahu kapan ajal menjemput kita. Nggak mau kan, kalau nanti ada orang yang hatinya tersakiti oleh kita dan menuntut kita ketika di akhirat nanti? Naudzubillahimindzalik. Semoga nggak begitu ya, aamiin. Lebih lagi, dulu gue pernah dibilangin bahwa kalau kita berbuat kesalahan sama Allah dan kita minta maaf, insyaAllah akan dimaafin karena Allah Maha Pemberi Maaf. Tapi, ketika kita bersalah sama manusia, belum tentu orangnya akan memaafkan dan belum tentu kita sempat untuk meminta maaf sama orang itu (bisa jadi nggak ketemu lagi atau gimana). Jadi sekali lagi, dari hati yang terdalam, maafin gue ya kalau ada kesalahan.

So, mulai sekarang gue akan berusaha untuk lebih berhati-hati dalam bertindak, berkata-kata, menulis status, atau apapun; supaya bisa menjaga perasaan orang lain. Semoga berhasil yah, aamiin. Ohiya satu lagi, meskipun kita berhak untuk marah ketika ada yang mengusik kita, tapi yakinlah kalau memaafkan itu lebih baik adanya. Jadi, mari selalu berusaha menjaga perilaku kita dan lapangkan hati kita untuk selalu memaafkan. Well, mungkin utamanya sih untuk saya sendiri, hehe :)

Bismillah, mari bersama-sama menjadi pribadi yang lebih baik! Haha (sok keren).
Have a nice day :)

Wassalamualaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment