Friday, November 9, 2012

Mengejar Mimpi

Assalamualaikum wr. wb.

Terkadang, mimpi tidak akan tercapai dengan mudah, atau tidak secepat yang kamu kira. Atau mungkin tidak tercapai sama sekali. Tapi tidak pernah ada yang salah dengan bermimpi, perjuangkanlah mimpimu sebisa mungkin. Bermimpilah, seolah kamu akan hidup selama-lamanya.

Manusia hanya bisa berusaha. Pada akhirnya, saya percaya bahwa yang menentukan waktu yang tepat atau adalah Allah. Mungkin bisa lebih cepat, atau lebih lama dari yang kita duga. Tapi percayalah bahwa setiap kejadian telah diatur oleh Tuhan dan Dia-lah yang lebih tahu waktu yang tepat untuk kita.

Sejak SMP, saya bermimpi untuk bersekolah di Jepang. Sejak kelas VIII atau IX, bahkan, saya beberapa kali mengunjungi Japan Education Fair, mencari informasi ke Kedubes Jepang di Indonesia, bahkan mengunjungi kantor salah satu universitas Jepang yang dulu sempat saya idam-idamkan.

Bertahun-tahun pun berlalu, saya pun bersekolah di SMA 8 Jakarta, berkuliah di FE UI. Terasa semakin jauh dari mimpi itu. Tapi saya tidak pernah melepaskan mimpi itu. Saya selalu yakin bahwa suatu hari nanti, saya akan bisa menginjakkan kaki saya di Jepang.

And now, here I am. In the country of my dream. Menurut saya, inilah salah satu keajaiban dari bermimpi. Beberapa orang menyebutnya 'semesta mendukung'. Ketika kita mengharapkan sesuatu, terus berharap akan hal itu dan tentunya diiringi dengan berbagai usaha, maka semesta akan mendukung. Menurut saya, hubungan vertikal dengan Tuhan juga memiliki andil dalam hal ini. Saya percaya, semesta mendukung karena Tuhan mendukung. Karena Allah mendukung. Untuk mendapat dukungan-Nya, tentu kita harus selalu berharap pada-Nya, bersyukur, dan berusaha meniatkan mimpi kita di jalan-Nya.

Sekarang, ketika salah satu mimpi saya sudah tercapai, apa yang akan saya lakukan? Bersyukur, sudah pasti. Lalu apa? Saya ingin keliling dunia. Misinya bagaimana? Pertama, saya ingin berlibur ke Korea di bulan Februari ini, kemudian saya ingin melanjutkan S2 di Eropa. Mungkin tidak akan mudah. Tapi bermimpi tidak pernah salah bukan?

Saya hanya bisa berusaha, sisanya biarkan Allah yang menentukan. Semoga, saya bisa meniatkan mimpi ini di jalan Allah, dan berharap hanya pada Allah. Bismillah. Semoga Allah mendukung :)

Wassalamualaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment